Rabu, 08 Juli 2015

tentang jurusan



Adapun alasan saya memilih jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi dan bahasa persatuan Republik Indonesia yang telah diresmikan setelah proklamasi dikumandangkan oleh presiden RI pertama kita, yakni Ir. Soekarno. Untuk lebih jelasnya pada jurusan di UMM ini kita mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dan lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia menguasai ilmu pendidikan dan ilmu pengetahuan di bidang bahasa ataupun sastra Indonesia yang Islami, mampu mengajarkannya secara profesional dan memiliki kepedulian terhadap perkembangan dan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia, dan memiliki kemampuan meneliti dan melakukan pengabdian pada masyarakat.
Dan nantinya akan Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mandiri dan mampu berpikir secara sistematik, terpadu, serta merealisasikan ilmunya dalam bidang yang relevan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk turut berperan serta dalam pengembangan masyarakat, bangsa, dan negara. Menghasilkan tenaga pendidik yang religius, unggul, dengan humanis. Pada jurusan ini kita memang telah mengambil disiplin ilmu, dan ditekankan untuk menjadi tenaga pendidik seperti, guru atau dosen. Jika kalian yang tidak ingin mengajar dapat bekerja disuatu instansi yang berhubungan dengan dunia jurnalistik, penerbit, editor, penerjemah atau penulis dll. Karena kurang peminatnya untuk jurusan ini, tidak heran banyak yang mengira bahwa orang-orang pada jurusan ini sistem kuliahnya atau mata kuliahnya lebih gampang dari jurusan-jurusan yang lain. Sayangnya, anggapan mereka tidak benar dikira bahasa indonesia adalah bahasa pribadi milik negara sendiri jadi mereka berfikir tidak perlu mempelajarinya sehingga jelas peminatnya lebih sedikit. Karena pengaruh banyaknya bahasa asing yang masuk dalam negara indonesia, mahasiswa lebih tertarik untuk mempelajarinya. Boleh saja mempelajari bahasa asing untuk menambah wawasan lebih dalam, akan tetapi ingatkah kalian bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang peduli pada budayanya??? Pada jurusan ini sistem kuliahnya sama sulitnya dan sama susahnya dengan jurusan-jurusan yang lain, hanya saja mereka telah memandang sebelah mata untuk jurusan yang satu ini.
Kita sebagai generasi muda sudah saatnya mengembalikan Bahasa Indonesia ke bahasa yang seharusnya. Mengurangi komunikasi menggunakan bahasa gaul bisa menjadi salah satu upaya kearah yang lebih baik. Sebagai realisasinya yaitu dengan membiasakan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik di lingkungan keluarga. Penggunaan bahasa sms yang baik dan benar pun bisa pula kita lestarikan untuk memperbaiki penggunaaan Bahasa Indonesia secara benar.
 Pendidikan Bahasa Indonesia di UMM  pada nantinya akan Melahirkan sarjana dan guru yang berkualitas, memiliki kemampuan akademik dan profesional yang mampu mengajarkan, menerapkan, menyebarkan dan mengembangkan ilmu di bidang Pendidikan Bahasa maupun Sastra Indonesia.
Mengembangkan pendidikan dan pengajaran pendidikan bahasa dan sastra yang diperlukan dalam pengajaran bahasa dan sastra di berbagai jenjang pendidikan.
Menjalin hubungan sinergial dan kerja sama dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengembangan kurikulum dengan alumni, jaringan program studi di tingkat lokal maupun nasional, dan pihak pengguna lulusan.
Menghasilkan tenaga pendidik yang religius, unggul, dan humanis yang diharapkan :
  • memiliki pengetahuan bahasa Indonesia
  • memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
  • memiliki pengetahuan pengajaran bahasa Indonesia
  • memiliki kemampuan mengajarkan bahasa Indonesia
  • memiliki kemampuan mengajarkan sastra Indonesia
  • memiliki kemampuan melaksanakan penelitian bahasa Indonesia
  • memiliki kemampuan melaksanakan penelitian sastra Indonesi
  • memiliki kemampuan melaksanakan penelitian pendidikan bahasa Indonesia
  • memiliki kemampuan melaksanakan penelitian pendidikan sastra Indonesia
  • memiliki kemampuan karya sastra Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar